Kamis, 10 November 2011

RENDAH HATI

Pengertian Tawadhu’ adalah rendah hati, tidak sombong. Pengertian yang lebih dalam adalah kalau kita tidak melihat diri kita memiliki nilai lebih dibandingkan hamba Allah yang lainnya. Orang yang tawadhu’ adalah orang menyadari bahwa semua kenikmatan yang didapatnya bersumber dari Allah SWT.  Yang dengan pemahamannya tersebut maka tidak pernah terbersit sedikitpun dalam hatinya kesombongan dan merasa lebih baik dari orang lain, tidak merasa bangga dengan potrensi dan prestasi yang sudah dicapainya. Ia tetap rendah diri dan selalu menjaga hati dan niat segala amal shalehnya dari segala sesuatu selain Allah. Tetap menjaga keikhlasan amal ibadahnya hanya karena Allah.
Tawadhu ialah bersikap tenang, sederhana dan sungguh-sungguh menjauhi perbuatan takabbur (sombong), ataupun sum’ah ingin diketahui orang lain amal kebaikan kita.
maka dari itu sebaiknya kita tanamkan dalam diri kita jiwa ANTA KHOIRUM MINNI yang artinya kamu lebih baik dari saya, dalam segala aspek sehingga kita akan trjaga dari sifat sombong,
terhadap anak kecil atau orang yang lebih muda dari kita sebaiknya kita  mengatakan anta khoirum minni ( kamu lebih baik dari saya ) mengapa ?? karena mereka yang lebih muda atau lebih sedikit umurnya tentu saja  mereka lebih sedikit pula dosanya dan kesalahanya di mata ALLAH, sedangkan kita yang lebih banyak umurnya tentu lebih banyak pula dosa dan kesalahan kita.
terhadap orang tua atau orang yang lebih tua umurnya di banding kita, kita tanamkan jiwa ANTA KHOIRUM NINNI, ( kamu lebih baik dari saya ) mengapa?? karena mereka yang umurnya tua atau yang banyak umurnya tentu lebih banyak pula amal ibadahnya dan kebaikanya di banding kita umurnya yang lebih sedikit , maka dari itu jika kita tanamkan dalam diri kita masing2 sejak dini jiwa anta khoirum minni,insyallah kita tidak gampang sombong, angkuh,dan sifat egois. karena allah tidak menyukai orang yang sombong, sebab sifat sombong hanya allah yang punya, barang siapa yang mengambilnya dari allah, maka akan di masukkan dalam jahannam, NA`UDZU BILLAH,
mudah2an kita semua terhindar dari sifat2 yang tercela dan selalu dapat menjadi jiwa yang selalu memperbaiki diri menjadi yang lebih baik AMIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar