Kamis, 28 April 2011

kisah wanita teladan

kisah wanita teladan




 Kisah Keteguhan hati wanita
Di ceritakan,  ketika suami robi’ah al adawiyah sudah wafat, maka minta idzin masuk Kiyai Hasan bisri  dan para santrinya ke rumah robiah,  dengan maksud untuk melamarnya
, kemudian robiah mempersilahkan masuk mereka dan duduk di belakang kain yang di pakai tabir penghalang diantara mereka,  Hasan bisri dan para santrinya  berkata kepada Robiah,:  sesungguhnya suami anda telah meninggal, apa tidak kepingin untuk menikah,  jawab Robiah ,: ya, tetapi siapa diantara kalian yang paling pintar, maka aku mau untuk di nikahinya, mereka semua menjawab bahwa Hasan bisri lah yang paling pintar di antara mereka, Robiah al adawiyah berkata: jika kamu bisa menjawab  keempat pertanyaan ku, maka aku akan menjadi milikmu. Hasan bisri berkata : silahkan jika Allah menolong ku, aku akan menjawabnya.
Pertanyaan pertama : apa yang kamu jawab, ketika aku mati apakah aku mati dengan membawa iman atau tidak.??
Hasan bisri menjawab : ini adalah perkara ghoib, tidak ada yang tahu kecuali Allah swt.
Pertanyaan kedua : ketika aku di taruh di dalam kubur, dan di tanyai malaikat munkar nakir, apakah aku bisa menjawabnya atau tidak ?
Hasan bisri menjawab : ini adalah perkara ghoib, tidak ada yang tahu kecuali Allah swt.
Pertanyaan ketiga : ketika manusia di kumpulkan pada hari kiamat, dan di berikan buku catatan amal, apakah aku di beri buku catatan amal dengan tangan kanan atau tangan kiri ?
Hasan bisri menjawab : ini adalah perkara ghoib, tidak ada yang tahu kecuali Allah swt.
Pertanyaan keempat : ketika manusia di panggil di hari kiamat, sebagian golongan  mereka masuk surga, dan sebagian golongan masuk neraka, aku termasuk golongan yang mana ?
Hasan bisri menjawab : ini adalah perkara ghoib juga, tidak ada yang tahu kecuali Allah swt.
Robiah berkata:, orang yang sibuk dan di susahkan dengan perkara empat tadi, apakah terpikir untuk menikah...?
 Ya Hasan beri tahu aku, berapa bagian/ juz Allah menciptakan akal ?
Hasan bisri menjawab : sepuluh bagian, sembilan untuk laki-laki,dan satu untuk wanita.
Robiah berkata : ya Hasan  beri tahu aku, berapa bagian/juz Allah menciptakan nafsu ?
Hasan bisri menjawab : sepuluh bagian, sembilan untuk wanita,dan satu untuk laki-laki.
Kemudian Robiah berkata : Ya Hasan,  saya kuat menahan sembilan bagian dari nafsu, dengan satu akal. Sedangkan anda tidak kuat menahan satu bagian dari nafsu dengan sembilan akal.
Kemudian Hasan bisri menangis dan keluar dari rumahnya Robiah al adawiyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar